Nunukan – Hingga Selasa (10/5) kemarin sudah tiga kandidat yang mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Bupati (Bacabup) Nunukan di Sekretariat DPD II Partai Golkar Nunukan, sejak partai tersebut membuka pendaftaran sehari sebelumnya.

Dari pantauan , ketiga kandidat yang telah mengambil formulir tersebut yakni Suwardi Haji Manja, Kepala Dinas Perhubungan Nunukan Faridil Murad dan aktivis LSM Lingham Nunukan Agus Mahesa.

"Saya punya komitmen untuk membangun Nunukan, makanya saya ikut mengambil formulir," kata Agus Mahesa, Selasa (10/5) usai mengambil formulir.

Sekretaris DPD I Partai Golkar Kaltim Akhmad Albert mengatakan, proses pendaftaran calon akan dilakukan selama 15 hari.

"Kebetulan waktunya juga cukup panjang. Jadi pengurus di Nunukan masih punya waktu yang cukup untuk menerima pendaftaran," kata Albert ditemui di Nunukan.

Pendaftaran Bacabup Nunukan dari Partai Golkar terbuka untuk siapa saja diluar kader partai. Albert menegaskan, untuk menjadi Calon Bupati Nunukan dari Partai Golkar pihaknya hanya menuntut komitmen dari yang bersangkutan untuk bersama-sama partai tersebut membangun daerah ini. "Tidak ada biaya yang dipungut dari calon yang mendaftar," tegasnya.

Dalam proses penjaringan ini, pengurus DPD II Partai Golkar Nunukan akan melakukan survei untuk menentukan siapa calon yang bakal diusung pada Pilkada Nunukan tahun 2011. "Nama-nama yang sudah mendaftar akan kita survei. Nanti ada tim survei survei independen," ujarnya.

Setelah survei, akan dilakukan rapat pimpinan untuk menentukan calon yang bakal diusung. Setelah itu Pengurus DPD II Partai Golkar Nunukan melaporkan hasil rapat pimpinan ke Pengurus DPD I Kaltim untuk diserahkan dan dievaluasi DPP Partai Golkar di Jakarta.

Albert mengakui, untuk mengusung satu pasangan calon kepala daerah dari Partai Golkar, pihaknya harus menggandeng partai lainnya untuk berkoalisasi. Sebab jumlah kursi Partai Golkar di DPRD Nunukan tidak mencukupi untuk mengusung calon sendiri.

"Rencananya koalisi dengan partai lain. Kita sudah jajaki ada beberapa partai yang sama-sama dengan kita punya komitmen membangun daerah, visi dan misi mereka sama dengan kita. Saya belum bisa buka partai apa saja, nanti ada waktunya. Sekarang semua struktur partai mulai dari tingkat kabupaten hingga pusat sedang melakukan lobi dengan partai-partai yang akan diajak berkoalisi," ujarnya.

Pihaknya optimis, siapapun calon yang diajukan Partai Golkar dan koalisinya pasti akan menang di Nunukan.

"Sebab figur yang kami pasang ini adalah figur yang memang dikehendaki masyarakat. Dan Golkar akan mengantarkan Nunukan untuk bisa menjadi lebih baik," katanya.