Enam bacabup Nunukan yang melamar di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Jumat (21/5/2010)


Nunukan
- DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Nunukan melalui tim penjaringan, sejak Jumat (21/5/10) membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Nunukan melalui partai tersebut.

Sekretaris Tim Penjaringan Kepala Daerah DPC PDIP Nunukan, Danil Duma mengatakan, pendaftaran dibuka sejak tanggal 21 Mei hingga 20 Juni mendatang. "Untuk biaya pendaftaran ditetapkan Rp2,5 juta untuk setiap kandidat. Uang itu diserahkan pada saat mengembalikan formulir dan berkas pencalonan," ujarnya, Jumat (21/5/10) sore tadi, usai menyerahkan formulir pendaftaran calon kepada enam kandidat Bacabup Nunukan.

Danil menjelaskan, pendaftaran memang dibuka dalam waktu sebulan. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada masing-masing kandidat melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. "Setelah itu akan dilakukan verifikasi oleh tim yang terdiri dari tiga unsur DPC dan dua dari DPD," ujarnya.

Mereka yang telah mendaftar selanjutnya akan melakukan sosialisasi ke sembilan kecamatan. Kemudian dilanjutkan pelaksanaan rapat kerja cabang khusus (rakercabsus). "Rakercabsus ini menghadirkan pengurus kecamatan untuk merekomendir calon yang sudah melakukan sosialisasi," ujarnya.

Hasil Rakercabsus akan diteruskan ke pengurus DPP PDIP di Jakarta. "Siapa yang ditetapkan nantinya itu tergantug dari pusat. Kalau DPC kewenangannya hanya sebatas penjaringan saja," katanya. (*)