Nunukan– Gerbong mutasi pejabat di lingkungan Setkab Nunukan, yang selama ini kerap menjadi buah bibir kembali bergerak Selasa (4/5).

Kali ini, sebanyak 143 pejabat terdiri dari eselon II, III dan IV mendapat giliran menduduki sejumlah jabatan strategis, termasuk jabatan pelaksana tugas (Plt). Dengan demikian, untuk tahun 2010 ini sudah dua kali mutasi dilaksanakan Pemkab Nunukan yang telah melewati evaluasi dan pertimbangan dari Badan Pertimbangan Jabatan dan kepangkatan (Baperjakat).

Untuk eselon II, terdapat tujuh pejabat yang dimutasi. Yakni, Andi Firman Lantara SH yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Daerah Kabupaten Nunukan - eselon IIB, menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan UMKM Nunukan eselon II B.

Kemudian, Abidin Tajang SH MSi-jabatan lama Kadis Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah eselon II B menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pendidikan eselon II B.

Ir Suprianto Harjo MSi dari jabatan lama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan-jabatan baru sebagai Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Daerah eselon II B.

Drs Nizaruddin yang sebelumnya di posisi Sekretaris pada Badan Lingkungan Hidup Daerah mendapat jabatan baru sebagai Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah eselon II B.

Drs H M Arsyad MSi jabatan lama Camat Nunukan eselon III A dipercaya menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi eselon II B. Sementara, H Djainuddin SH yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Belanja pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah eselon III A mendapat jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah eselon II B.

Jabatan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) yang lowong karena pejabat lama (plt) Sujendro tersandung kasus korupsi dana bergulir sawit kini diisi oleh Ir Yophie Frederik Wowor. Sebelumnya, Yophie memangku jabatan sebagai Sekretaris pada Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Daerah eselon III A-kemudian mendapat jabatan baru sebagai Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan eselon II B.

Sementara itu, pejabat di tingkat eselon III terdapat 39 pejabat di antaranya Drs Abdul Kadir dari jabatan sebelumnya Pengawas Olahraga di Kecamatan Nunukan jabatan baru Sekretaris pada Dinas Pendidikan eselon III A. H Junaidi SH jabatan lama Camat Sebatik Barat dan jabatan baru Camat Sebatik. Asmar SE jabatan lama Kepala Bagian Ekonomi Setkab Nunukan jabatan baru Sekretaris pada Dinas Kelautan dan Perikanan. Sedangkan eselon IV terdapat 97 pejabat yang dimutasi.

Bupati Nunukan H Abdul Hafid Achmad menegaskan, jabatan yang diberikan merupakan amanat yang harus dilaksanakan sebaikmungkin, terlebih setelah diambil sumpah dan janjinya sesuai agama dan kepercayaannya.

“Saudara dilantik dan disumpah serta disaksikan langsung oleh Tuhan YME, jalankan amanat dan tugas yang sudah diberikan itu untuk kepentingan negara serta kesejahteraan masyarakat,” pesan bupati usai melantik jajarannya itu.

Usai pelantikan, Bupati Abdul Hafid kembali memberikan pengarahan khusus kepada pejabat yang dilantik maupun pejabat lain yang hadir.

“Terimakasih media surat kabar dan elektronik yang sudah meliput mutasi kali ini, tapi untuk sesi berikutnya adalah pengarahan tertutup,” begitu kata staf panitia yang menyilakan wartawan keluar ruangan acara.

Mutasi juga dihadiri Kajari Nunukan Azwar SH dan wakil muspida lainnya itu, tak terkecuali, Wakil Bupati Drs Kasmir Foret MM, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Nunukan Drs Zainuddin HZ MSi, serta dihadiri petugas dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).