Nunukan - Ratusan Pengakap (Pramuka) dari Negara Bagian Sabah Malaysia akan menghadiri Jambore Cabang III di Nunukan, bulan depan. Dari seluruh daerah di Sabah, Pengakap Tawau sudah memastikan menghadiri kegiatan tersebut.

Hal tersebut ditegaskan Pengerusi Pengakap Daerah Tawau MD Syaiful dan Timbalan Pegawai Pejabat Pelajaran Daerah Tawau, Abdul Rahman Kannan kepada Panitia Jamcab III Nunukan saat melakukan presentasi kegiatan dimaksud, awal pekan ini di Tawau.

Syaiful mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pengurus Pengakap Negeri Sabah di Kota Kinabalu. Dari koordinasi tersebut, sejumlah daerah di Sabah juga meminta untuk diundang menghadiri kegiatan lima tahunan bagi Pramuka Penggalang tersebut.

"Kami sering ditanya pengurus pengakap negeri. Mereka juga minta dijemput untuk menghadiri setiap kegiatan Pramuka yang digelar di Nunukan. Jadi tidak hanya Tawau saja yang hadir,” ujarnya.

Khusus daerah Tawau, sejumlah kawasan seperti Balung, Merotai dan Kunak siap bergabung dalam kontingen. "Kalau memang jumlah peserta tidak dibatasi, kami bisa saja mengirimkan peserta seribu orang dari seluruh Negeri Sabah. Tapi nanti penuh semua feri dari Tawau ke Nunukan hanya berisi Pengakap,” kata Arbin, seorang pengurus Pengakap Tawau.

Abdul Rahman Kanan meminta Panitia Jamcab mempertimbangkan keikutsertaan pelajar di Tawau dalam kegiatan tersebut, meskipun mereka bukan bagian dari Pengakap. "Sebab banyak kegiatan pelajar yang ada di sini selain daripada Pengakap. Kalau mereka mendengar kawan-kawannya mau ke Indonesia, mereka pasti juga meminta kepada orangtuanya supaya bisa ikut,” katanya.

Selain menyatakan kesiapan menghadiri Jamcab III di Nunukan, Pengurus Pengakap Tawau juga meminta diberikan kesempatan menampilkan atraksi pada acara Pembukaan Jamcab.

Ketua Panitia Jamcab III, Sanusi menyatakan, pihaknya siap menerima berapa saja peserta yang dikirimkan dari Malaysia. "Untuk kegiatan kali ini kami menargetkan peserta sebanyak 700 orang. Namun kalau Pengakap dari Sabah mau mengirimkan sebanyak-banyaknya, kami siap saja menerima. Kami sudah menyiapkan tapak perkemahan khusus untuk Pengakap,” ujarnya.

Ia menjelaskan, selain diikuti Pramuka Pengalang dari seluruh kecamatan di Kabupaten Nunukan, pihaknya juga sudah mengundang Pramuka dari Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan, Malinau dan Tana Tidung.

Presentasi yang dilakukan Panitia Jamcab ke Tawau ini untuk meyakinkan Jabatan Pelajaran atau Dinas Pendidikan setempat agar mengizinkan para pelajar negara tersebut mengikuti Jamcab di Nunukan.

"Karena yang kita dengar, untuk bisa menghadiri acara di luar negeri, mereka harus mendapatkan izin dari Kuala Lumpur. Nah Dinas Pendidikan di Tawau perlu membuat rekomendasi agar para Pengakap ini bisa mengikuti Jamcab di Nunukan,” kata Sanusi.