Pergantian bendera di mercesuar Ambalat.


Nunukan
- Bendera merah putih yang berada di mercusuar Pulau Karang Unarang, Ambalat secara rutin diganti setiap sebulan sekali. Minggu (23/5/10) pagi tadi, Komandan Pangkalan Angkatan Laut Nunukan Letkol Laut (P) Rachmad Jayadi beserta sejumlah perwira di jajaran Danlanal Nunukan melakukan penggantian bendera di mercusuar tersebut.

Rachmad ikut naik ke mercusuar dan terlibat dalam proses pergantian bendera yang berlangsung sejak pukul 08.40 hingga pukul 09.50. "Pengantian bendera ini kita laksanakan sebulan sekali," ujarnya, Minggu (23/5/10) usai proses tersebut.

Selama proses pergantian bendera, Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Ambalat dan KRI Sutanto 877 terus melakukan pengawasan.

Rachmad usai proses penggantian bendera mengatakan, pemasangan bendera di mercusuar Pulau Karang Unarang tidak lain untuk membuktikan, jika di kawasan itulah titik pangkal pulau-pulau Indonesia.

"Dari situ ditarik titik pulau itu, untuk mengukur pulau-pulau terluar. Itu untuk membuktikan sebagai titik pangkal dari pulau terluar kita," ujarnya. Perairan Pulau Karang Unarang, Ambalat berbatasan langsung dengan wilayah perairan Malaysia. (*)