Pembukaan Jambore Cabang Nunukan, Sabtu (26/6/2010).

Nunukan - Pembukaan Jambore Cabang (Jamcab) Nunukan III tahun 2010 yang dilakukan Bupati Nunukan Abdul Hafid Achmad, Sabtu (26/6/2010) hari ini disertai dengan pengibaran bendera yang dilaksanakan 21 orang Pramuka Penggalang sebagai pasukan pengibar. Tiga diantaranya ditugaskan untuk mengibarkan bendera dengan dasar berwarna merah. Pada bagian tengah bendera, terdapat logo Jamcab Nunukan III Tahun 2010 yang diciptakan, Yuspida, seorang Pembina Gudep Penggalang di Nunukan.

Pengibaran bendera yang berlangsung khidmat, diiringi dengan lagu hymne Jamcab Nunukan ke-III tahun 2010. Lagu itu merupakan ciptaan Yohanes Sogen. Puluhan personil dilibatkan sebagai paduan suara untuk menyanyikan lagu Jamcab tersebut.

Jamcab Nunukan akan berlangsung hingga Jumat (2/6/2010) pekan depan. Ketua Panitia Jamcab ke-III tahun 2010 Sanusi melaporkan, sebanyak 704 peserta ikutserta dalam kegiatan akbar lima tahunan ini. Mereka berasal dari sejumlah kecamatan, kabupaten/kota di utara Kaltim dan Malaysia.

"Kegiatan Jambore Cabang 2010 dilaksanakan 80 persen di alam terbuka dengan jenis kegiatan meiputi mental spiritual, kegiatan seni budaya dan wawasan, kegiatan pertualangan, ketangkasan dan aksi serta kegiatan pengetahuan dan kreativitas," ujarnya.

Pramuka yang telah mengikuti kegiatan Jamcab 2010 akan diberikan lencana Tanda Ikut Serta Kegiatan (TIUSKA). (*)