Nunukan - Tim Penjaringan Kepala Daerah DPC PDIP Nunukan, hingga penutupan pendaftaran Minggu (20/6/2010) malam telah menerima formulir dan berkas dari delapan pendaftar.

Sekretaris Tim Penjaringan Kepala Daerah DPC PDIP Nunukan, Danil Duma Kombongan mengatakan, setelah penutupan pendaftaran ini pihaknya akan melakukan verifikasi berkas mulai hari ini hingga Rabu (30/6/2010) mendatang.

"Berkas ini akan dibawa ke Samarinda untuk diverifikasi lebih lanjut," katanya, Senin (21/6/2010) saat memberikan keterangan pers.

Verifikasi akan dilakukan tim yang beranggotakan lima orang terdiri dari, tiga unsur Pengurus DPC PDIP Nunukan dan dua dari unsur DPD PDIP Kaltim.

"Selambat-lambatnya lima hari setelah berkas diverifikasi di Samarinda, kita akan mengumumkan calon-calon yang lolos seleksi berkas," katanya.

Pendaftar yang mengembalikan formulir sebagai kandidat Balon Bupati Nunukan melalui DPC PDIP Nunukan yaitu, Yuses, Suwardi Haji Manja, Dandim 0911/Nunukan Letkol Inf Drs Basri, Kepala UPTD Dispenda Kaltim di Nunukan Thomas Alfa Edison, Kepala Dinas Perhubungan Nunukan Faridil Murad dan Suyono. Sementara mantan Ketua DPC PDIP Nunukan Hendri Abung dan Paris Paulus memilih mendaftar sebagai Balon Wakil Bupati Nunukan.

Selanjutnya seminggu setelah pengumuman, calon yang lolos verifikasi berkas harus turun ke kecamatan untuk melakukan sosialisasi.

"Nanti akan kita bicarakan dengan kandidat, apakah mereka akan melakukan sosialisasi sendiri-sendiri atau sekalian sama-sama saja," katanya.

Pasca sosialisasi, para pimpinan partai tingkat kecamatan akan diundang menghadiri Konferensi Cabang Khusus (Konfercabsus) yang kemungkinan besar akan dihadiri pengurus DPD dan DPP PDID. Dalam pertemuan itu, masing-masing kecamatan akan merekomendasikan Balon Bupati dan Balon Wakil Bupati.

Pemilihan Umum Kepala Daerah Nunukan akan digelar tahun depan. Rencananya, KPU Nunukan akan membuka pendaftaran Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Nunukan pada Oktober 2010. (*)