Peserta jambore, sejak Rabu (23/6/2010) telah memasuki bumi perkemahan.

Nunukan - Bupati Nunukan Abdul Hafid Achmad, Sabtu (26/6/2010) akan membuka kegiatan Jambore Cabang ke-3 Kabupaten Nunukan 2010 yang berlangsung di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Aji Muda, Makodim 0911/Nunukan.

“Insya Allah beliau yang membuka kegiatan. Sampai hari ini belum ada perubahan jadwal kegiatan beliau,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Nunukan, Jafar, Kamis (24/6/2010) ditemui di bumi perkemahan.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Jamcab III Nunukan tahun 2010, Ramli T memastikan, pihaknya telah siap menggelar upacara pembukaan yang akan berlangsung Sabtu (26/6/2010) mendatang.

“Lapangan sudah kita netralkan. Tribun kehormatan sudah disediakan, sound system akan kita siapkan. Rencana Jumat besok sore gladi terakhir,” ujarnya.

Petugas keamanan yang terdiri dari pihak kepolisian, Kodim 0911/Nunukan dan Satpol PP Nunukan, akan disiagakan selama berlangsungnya pembukaan.

“Ada 200 undangan yang terdiri dari pejabat maupun tokoh masyarakat, akan hadir pada kegiatan ini,” katanya.

Sebanyak 36 Pramuka Penggalang menjadi petugas upacara. Sebagian diantaranya bertugas sebagai pengibar bendera jambore. Para petugas ini merupakan hasil seleksi dari seluruh Gugusdepan Pramuka Penggalang di Nunukan.

“Kita juga menyiapkan paduan suara dan korsik. Untuk pertama kalinya, pengibaran bendera akan diiringi Hymne Jamcab III Nunukan yang diciptakan Pembina Gudep Kakak Johanes Sogen,” katanya.

Upacara pembukaan ini juga akan diisi display marcing band dari SD Utama 1 Nunukan dan SMA Negeri 1 Nunukan. Ada pula persembahan tari-tarian yang dibawakan murid SD Utama 1 Nunukan.

"Pembukaan kegiatan akan ditandai dengan penekanan sirine dan pelepasan balon yang berjumlah 42 balon. Jumlah itu merupakan total dari tanggal, bulan dan tahun pembukaan kegiatan,” ujarnya.

Panitia telah mengantisipasi jika nantinya dalam upacara tersebut ternyata hujan mengguyur bumi perkemahan.

“Ada dua kemungkinan, jadwal upacara pembukaan kita undur dari jam 09.00 atau peserta kita geser ke dalam ruangan,” katanya. (*)