Bupati Nunukan menyematkan tanda peserta kegiatan Jambore Cabang Nunukan, Sabtu (26/6/2010).

Nunukan - Bupati Nunukan Abdul Hafid Achmad selaku Ketua Mabicab Pramuka Nunukan, Sabtu (26/6/2010) hari ini secara resmi membuka kegiatan Jambore Cabang Kabupaten Nunukan ke-III Tahun 2010, yang berlangsung di Bumi Perkemahan Aji Muda, Makodim 0911/Nunukan.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, jambore merupakan kegiatan yang terpenting bagi anggota Gerakan Pramuka khususnya bagi para Penggalang. Dengan sasaran peserta Penggalang yang berusia remaja, maka jambore memegang peranan penting sebagai wahana aktualisasi diri baik individu maupun kelompok untuk mewujudkan Satya dan Dharma dalam kehidupan khususnya di bumi perkemahan.

"Serangkaian kegiatan dalam jambore bagi adik-adik Penggalang tentunya dapat dijadikan sebagai sarana menempa diri sehingga mampu tampil menjadi patriot muda yang percaya diri, bertanggungjawab, bermoral, mempunyai wawasan, pengetahuan dan keterampilan yang memadai, untuk selanjutnya menjadi figur muda yang siap melanjutkan estafet pembangunan bangsa," katanya.

Karena itu, Bupati Nunukan berpesan agar para peserta jambore mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh dan suka cita. "Tegakkan disiplin, jalin persahabatan, dengan kontingen lainnya. Tumbuh kembangkan sikap toleransi, pupuk kebersamaan, kekeluargaan dan kekompakan. Tunjukkan kreatifitas semangat untuk belajar, semoga menjadi pandu bagi bumi pertiwi," katanya menegaskan.

Tema Jamcab Nunukan ke-III tahun 2010 yakni "Disiplin, Terampil dan Berprestasi" dinilai sangat strategis ditengah upaya untuk terus menjadikan generasi muda sebagai salah satu pilar pembangunan. Hanya generasi muda yang disiplin, terampil dan berprestasi yang akan mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan di masa depan.

"Dan saya yakin adik-adik Pramuka Penggalang adalah bagian dari generasi itu. Oleh karena itu, merupakan kebanggaan tersendiri bagi kita semua tergabung dalam Gerakan Pramuka. Sejalan dengan itu, maka upaya pembinaan bagi anggota Gerakan Pramuka merupakan suatu keharusan," katanya.

Sebanyak 704 peserta Pramuka Penggalang mengikuti kegiatan yang akan berakhir hingga 2 Juli mendatang. Jamcab Nunukan tahun ini diikuti Kwaran Nunukan, Kwaran Nunukan Selatan, Kwaran Sebatik, Kwaran Sebatik Barat, Kwaran Sembakung, Kawaran Sebuku, Kwaran Lumbis, Kwaran Pulau Bunyu, Kwarcab Bulungan, Kwarcab Malinau, Gudep Diponegoro Tarakan, Kwarcab Tana Tidung dan Pengakap Sabah Malaysia. (*)