Peserta Jamcab, yang telah mendirikan tenda, hari ini Kamis (24/6/2010).


Nunukan
- Pramuka Penggalang peserta Jambore Cabang III Nunukan tahun 2010 diharapkan tidak lupa menjaga kesehatan tubuhnya. Apalagi saat ini sedang memasuki musim penghujan.

“Yang pasti selama diperkemahan ini, peserta rawan terserang diare, demam berdarah dengue (DBD), kelelahan dan kedinginan. Apalagi udara di sini sangat lembab,” ujar Sersan Kepala (Serka) Safwan MS, salah seorang anggota Tim Medis Panitia Jamcab III Nunukan tahun 2010.

Untuk menghindari jatuh sakit selama pelaksanaan kegiatan, Safwan menyarankan agar peserta perkemahan menyiapkan fisik dan mentalnya dengan sebaik-baiknya. Pola makan harus diperhatikan begitu pula kebersihan di sekeliling tenda harus selalu diperhatikan.

“Kami dari panitia sudah melakukan tindakan antisipasi. Dengan memperhatikan agar sanitasinya tetap sehat. Mandi cuci kakus (MCK) sudah dipersiapkan dengan baik dan rencananya Jumat (25/6/2010) besok atau H-1 akan diadakan fogging di areal seluas 10 kilometer,” katanya.

Pada pelaksanaan Jamcab Nunukan tahun 2010, akan didirikan Posko Kesehatan di sekitar kemah putri. Letaknya dianggap strategis sehingga memudahkan untuk melakukan mobilisasi jika ada peserta yang sakit.

“Ambulance sudah disiapkan, tim medis dari Kodim, Puskesmas, Rumah Sakit dan PMI. Nanti kami akan bagi jadwal tugas. Namun khusus tim dari Kodim kami selalu stand by 24 jam,” katanya.

Ia menghimbau, bagi peserta yang mulai merasa tidak enak badan agar segera ke Posko Kesehatan.

“Begitu pula kalau ada yang punya penyakit khusus, sebaiknya memberitahukan kepada kita supaya bisa diantisipasi,” katanya. (*)