Nunukan - Survei internal yang dilaksanakan DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nunukan memunculkan empat kandidat Bakal Calon Bupati (Bacabup) Nunukan yang paling kuat.

Empat nama yang paling diminati kader dan pendukung PKS sebagai Bacabup yaitu Dandim Nunukan Letkol inf Drs Basri, Suardi Manja, H Muhammad Saleh dan Nardi Azis. Sementara empat Balonwabup adalah Hj Asma Gani, Hj Nursan, Drs Zainuddin dan Faridil.

Survei dilaksanakan selama tiga pekan dengan jumlah responden 350 orang kader dan simpatisan PKS. Adapun sampel diambil di enam kecamatan yang meliputi Kecamatan Nunukan, Nunukan Selatan, Sebatik Barat, Sebatik Induk, Sebuku dan Sembakung.

“Awalnya kami hanya menargetkan cuma 4 kecamatan yang berada di daerah pemilihan 1 dan 2 dengan asumsi di dua dapil ini suara PKS banyak. Tapi dalam perjalanan survei kami, ada masukan dari beberapa pihak agar lebih sempurnanya survei tersebut maka dapil 3 harus dimasukkan, walaupun suara PKS di sana tidaklah terlalu besar. Ini kami lakukan sekaligus untuk mendengarkan aspirasi dari dapil 3. Dari 350 kuisioner yang kami rampungkan, ada 10 nama yang terjaring baik sebagai Balonbup maupun sebagai Balonwabup yang menjadi usulan kader PKS,” kata Ketua DPD PKS Nunukan, Muhammad Nasir saat mengadakan konfrensi pers, Kamis (1/4/10).

Nasir yang juga Ketua Tim Optimalisasi Musyarokah atau tim penjaringan Bacabup dan Bacawabup ini, mengatakan, PKS melaksanakan survey internal sebagai sarana untuk menyerap aspirasi di kalangan internal kader dan simpatisan PKS.

"Kami PKS tidak mau main-main dalam mempersiapkn pilkada 2011, karena kami menginginkan perubahan,” kata anggota Komisi III DPRD Nunukan ini. (*)