Nunukan Penekindi - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jumat (26/3/2010), menginformasikan adanya cuaca ekstrim di sebagian Wilayah Lampung, periode 26-29 Maret 2010.

Cuaca ekstrim berupa hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang, berpotensi terjadi di Sumatra bagian Tengah dan Selatan, Kalimantan Timur (Kaltim) bagian Selatan dan Timur.

Kemudian, Kalimantan Selatan, Banten dan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jabodetabek, Maluku Tengah dan Tenggara, Papua bagian Tengah dan Selatan, serta Sulawesi bagian Tengah dan Barat.

Prakiraan cuaca tersebut, karena adanya daerah tekanan rendah di Laut Arafuru memengaruhi terbentuknya daerah pumpunan/pertemuan angin yang memanjang di Laut Banda hingga Maluku Tenggara.

Kondisi tersebut meningkatkan aktivitas pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian Timur. Selain itu, faktor pemanasan berskala lokal yang ditandai dengan suhu udara yang tinggi antara pagi dan siang hari di beberapa wilayah Indonesia, mendukung bagi pertumbuhan awan Cumulonimbus yang berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas sedang - lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat.