Nunukan Penekindi- Hasil Tes Daya Serap (TDS) menunjukkan tingkat kelulusan rata-rata sekolah di Nunukan berada dibawah 50 persen. Namun pada saat Ujian Nasional (UN) di Nunukan hampir semua sekolah meluluskan 100 persen siswanya. Apa resepnya?

Pengakuan salah seorang alumni salah satu sekolah di Nunukan, pada saat UN mereka menerima jawaban dari pihak sekolah. "Tapi walaupun jawabannya sama, tapi nilainya belum tentu sama. Ini karena terkait persoalan teknis seperti cara melingkarinya," ujar alumni salah satu sekolah di Nunukan, yang menolak namanya disebutkan, Jumat (19/3/10).

Meskipun pada saat UN dilakukan pengawasan internal maupun pengawas eksternal, namun ada trik khusus agar peserta UN tetap aman menerima jawaban. "Nanti ada guru yang mengerjakan soal, kemudian jawabannya biasa diantarkan salah seorang guru atau guru piket. Jawaban itu biasanya diselipkan didaftar hadir," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Nunukan, Abdul Azis Muhammadiyah belum bisa dikonfirmasi terkait informasi tersebut. Telepon selulernya aktif, namun tidak dijawab.