Nunukan-Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Kolonel Laut (P) Herry Setianegara, S.Sos, SH, MM, mengungkapkan, tim SAR TNI Angkatan Laut dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Nunukan berhasil menemukan dan menyelamatkan Kapal Motor (KM) Irma di perairan Muara Sebuku, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur. Kapal tersebut dilaporkan tenggelam sejak hari Rabu (3/3) di perairan tersebut.

Setelah menerima informasi dari masyarakat bahwa KM Irma tenggelam pada posisi 04 05 00 Lintang Utara dan 117 30 00 Bujur Timur di sekitar Perairan Muara Sebuku, dengan cepat Lanal Nunukan yang selama ini telah meningkatkan kesiapannya berkaitan dengan cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini, langsung mengerahkan unsur-unsur kapal patroli dan dalam waktu singkat dapat mencapai lokasi musibah.

Setelah kurang lebih tiga jam menyusuri lokasi tempat tenggelamnya kapal tersebut, Tim SAR Lanal Nunukan akhirnya berhasil menemukan dan menyelamatkan seluruh awak kapal yang terdiri dari Nakhoda dan tiga orang Anak Buah Kapal. Selanjutnya, seluruh awaknya dipindahkan ke kapal Angkatan Laut, sementara KM Irma ditarik menuju tepi Sungai Kandungan, Nunukan.

Kadispenal menambahkan, tugas-tugas kemanusiaan seperti Search and Rescue, penanggulangan bencana, dan operasi bantuan lain senantiasa dilaksanakan oleh TNI AL sebagai wujud pelaksanaan peran operasi lain selain perang (Military Operations Other Than War).