NUNUKAN, - Masalah pengangguran menjadi persoalan yang paling banyak dikeluhkan warga. Dalam survey internal yang dilakukan DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Nunukan, hampir seluruh responden berharap agar Bupati Nunukan yang akan datang bisa memprioritaskan penyelesaian masalah penganggaran.

"Pertanyaan yang kami ajukan, sektor mana yang menurut anda perlu segera diatasi di Nunukan oleh Bupati Nunukan terpilih? Jawabannya masalah pengangguran, ini yang paling banyak," ujar Ketua DPD PKS Nunukan, Kamis (18/3/10).

Persoalan pengangguran menjadi masalah regional di Kabupaten Nunukan. Dulunya warga di kawasan perkotaan dapat dengan mudah memperoleh penghasilan dari jasa tenaga kerja Indonesia (TKI) yang melakukan pengurusan dokumen keimigrasian di Nunukan.

Namun sejak wewenang pengurusan dokumen TKI beralih di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), nyaris putaran perekonomian di Nunukan menjadi lesu.

Sementara di wilayah pedalaman, dulunya warga banyak mengandalkan hidup dari potensi sumber daya alam. Namun semakin berkurangnya potensi seperti kayu, membuat warga kini menjadi kesulitan mencari sumber penghasilan.